Friday, September 9, 2011

7 Makanan Pertajam Ingatan

Beruntunglah Anda jika memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan sehat dan punya gaya hidup sehat. Kebiasaan sehat ini bisa menjadi investasi di masa depan. Risiko penyakit degeneratif seperti diabetes, hipertensi, penyakit jantung, bahkan Alzheimer pun berkurang.
Alzheimer merupakan suatu kondisi menurunnya kemampuan kognitif seseorang sehingga mereka bahkan tidak mampu mengurus diri sendiri. Untuk ini, Anda harus terus menjaga kesehatan dan meningkatkan memori otak.
Nah, ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk menjaga meningkatkan memori otak Anda, seperti yang disarankan oleh Health.
  • Ikan Ikan laut mengandung asam lemak omega-3. Asam lemak berfungsi untuk melindungi kesehatan jantung, menurunkan kadar kolesterol darah, dan membantu menurunkan tekanan darah. Omega-3 juga menyediakan lebih banyak oksigen ke otak, sehingga memungkinkan seseorang untuk menyimpan informasi baru dan masih mengingat informasi lama dalam otaknya.
    Ikan laut yang disarankan, yaitu: salmon, tuna dan ikan haring.
  • Sayuran Sayuran merupakan sumber terbaik vitamin E dan asam folat. Sayuran berhijau daun seperti brokoli dan bayam sangat baik untuk otak anak-anak hingga orang dewasa.
    Menurut penelitian, senyawa yang ada dalam sayuran dapat membantu mempertahankan memori. Selain vitamin E, sayuran juga mengandung vitamin B6, dan B12 yang merupakan senyawa penting untuk memecah kadar homosistein, yang bisa menyebabkan lupa dan penyakit Alzheimer.
  • Avokad Buah ini kaya sumber antioksidan vitamin E, yang bisa menurunkan risiko Alzheimer.
  • Biji bunga matahari Biji-bijian, termasuk biji bunga matahari, merupakan sumber vitamin E yang dibutuhkan tubuh. Dari 100 gram biji bunga matahari mengandung 30% dari asupan harian vitamin E yang disarankan.
  • Kacang tanah dan selai kacang Meskipun keduanya tinggi lemak, kacang tanah dan selai kacang cenderung tetap menjadi sumber lemak sehat. Juga mengandung vitmain E. Makanan ini bisa membantu menjaga jantung dan otak tetap sehat serta berfungsi dengan baik.
  • Buah beri Menurut para peneliti, bluebery, strawbery, raspberry, dan buah beri yang lain mengandung antioksidan yang baik untuk meningkatkan fungsi otak. Buah-buahan ini membantu mengurangi penuaan otak dan baik juga untuk meningkatkan memori otak.
  • Gandum Menurut peneliti, beras merah, havermut, roti gandum, gandum, dan lain-lain sangat baik untuk kesehatan. Makanan ini melancarkan sirkulasi darah ke otak, sehingga menjaga kualitas fungsi otak.
Bukan hanya mengingat-ingat saja agar tidak semakin lupa, tapi paculah dengan nutrisi yang baik sehingga fungsi otak tetap terjaga.

Sumber: intisari-online

0 comments:

Post a Comment

 
Cheap Web Hosting | Top Web Hosts | Great HTML Templates from easytemplates.com.