Wednesday, September 7, 2011

Bahaya Minum Es Setelah Makan

Salam hangat sobat blogger. Kali ini ingin memeberi sebuah info tentang kebiasaan makan kita sehari-hari. Pernahkah sobat sehabis makan atau saat sedang makan, sebagai minumnya adalah es buah atau minuman dingin? ternyata kebiasaan kita makan sambil minum dengan air yang dingin tidak baik untuk kesehatan.  Beberapa waktu yang lalu, teman saya memberitahukan saya bahwa kebanyakan minum es bisa mengakibatkan terkena serangan jantung. Ah, apa iya?Padahal itu adalah kebiasaan saya untuk makan plus hidangan minuman yang dingin.  Minum es memang nikmat. Apalagi jika cuaca panas pada siang hari. Tenggorokan yang kering ini rasanya maknyos terkena dinginnya air es. Segar rasanya.
 
Lantas kenapa minum es setelah makan bahay? Minum es memang segar tapi air itu akan membekukan makanan berminyak yang kita santap, apalagi makanan berlemak. Lemak itu akan terbentuk dalam usus dan akan mengakibatkan sempitnya saluran-saluran pencernaan kita. Jika lemak berkumpul maka akan mengakibatkan kegemukan. Biasanya orang yang terlalu gemuk akan mudah diserang berbagai penyakit. Terutama penyakit jantung. Oleh karena itu minumlah air hangat setelah menyantap makanan. Karena air panas akan mencairkan segala makanan berlemak sehingga mudah diserap tubuh. Jika kita terlalu gemuk, waspadalah akan serangan jantung.

Biasanya serangan jantung mulai terasa pada tangan sebelah kiri. Lalu merambat sedikit-demi sedikit ke bagian atas dada. Mungkin pada awalnya tidak begitu terasa. Tanda-tanda lainnya adalah rasa capai/lelah dan berkeringat. Konon menurut ilmu kedokteran, 60 % pengidap sakit jantung tidak bangun setelah tidur. Bagi penggemar es, tetap boleh meminum es asalkan tidak terlalu banyak dan berlebihan. Dan yang penting adalah minum air panas/hangat setelah makan.

Ternyata ada kebiasaan baik yang dilakukan oleh orang Cina dan Jepang, yaitu minum air panas/hangat sewaktu makan. Seperti yang saya utarakan diatas, air hangat dapat menyairkan lemak yang kita makan tadi, jika kita minum air dingin tentu lemak yang ada di makanan yang kita makan tadi akn lebih cepat membeku. Semoga bermanfaat untuk anda. Keep healthy
 
Sumber: vivanews.com

0 comments:

Post a Comment

 
Cheap Web Hosting | Top Web Hosts | Great HTML Templates from easytemplates.com.