Thursday, October 6, 2011

Sehat dengan Teh Rosella

Anda gemar minum teh? Teh diyakini memberikan manfaat bagi tubuh bila diminum secara teratur. Salah satu jenisnya adalah Teh Rosella, yang juga dikenal dengan nama Teh Merah, Teh Makkah atau Teh Yaman. Tanaman Rosella (Hisbiscus sabdariffa L) diyakini mengandung banyak manfaat bagi tubuh. Hampir seluruh bagian tubuh tanaman yang konon berasal dari India ini dapat dikonsumsi dan baik untuk kesehatan.
Dimulai dari atas, kelopak bunga Rosella kaya akan asam sitrat dan pektin. Untuk mengolahnya, bagian kelopak biasanya direbus dan ditambah gula sebagai pemanis serta jahe. Bagian kelopak pula yang biasanya diolah menjadi teh Rosella. Beberapa manfaat kelopak bunga Rosella antara lain mengurangi kekentalan darah, membantu dan melancarkan proses pencernaan, dan mencegah kekurangan vitamin C. Sementara itu, beberapa penyakit yang dapat diobati kelopak ini di antaranya kanker, tekanan darah tinggi, ginjal, dan penyakit kulit
Selain kelopak, bagian lain yang bermanfaat adalah bunga Rosella yang mengandung gosipetin, antosianin, dan glikosid hibiscin. Ketiga zat tersebut dipercaya sebagai diuretik (peluruh air seni) dan efek koleretik (pengeluaran empedu oleh hati) serta mampu menurunkan kekentalan darah, menurunkan tekanan darah dan menstimulasi gerakan usus.
Bersama daun, bunga Rosella dapat dimanfaatkan sebagai teh tonik untuk pencernaan dan fungsi ginjal. Tanaman ini juga dilaporkan berkhasiat sebagai antiseptik, afrodisiak, meringankan luka usus. Dalam pengobatan tradisional, Rosella sering dipakai untuk mengatasi radang, kanker, jantung, hipertensi, gangguan saraf dan pencernaan.
Berbagai khasiat yang dikandung Rosella pun telah didukung sejumlah penelitian para ahli. Salah satunya adalah penelitian yang dilakukan Pusat Penelitian Biomedis di Meksiko pada Juli 2004. Tim peneliti mencari tahu efektivitas Hibiscus sabdarita alias Rosella sebagai antihipertensi. Mereka melakukan pengamatan pada 75 pasien (usia 30-80 tahun) yang didiagnosa menderita hipertensi. Hasilnya menggembirakan. Tanaman tersebut mampu menurunkan tekanan darah sistolik dari 139.05 menjadi 123.73mm Hg, sedangkan tekanan darah diastolik turun dari 90.81 menjadi 79.52 mm Hg.
Rosella juga diyakini dapat mencegah batu ginjal. Untuk menguji hal ini, sebuah riset telah dilakukan oleh Kirdpon S. dkk dari Bagian Anak, Fakultas Kedokteran, Universitas Khon Kaen, Thailand, pada 1999. Riset yang melibatkan 36 pria tersebut bertujuan untuk mengevaluasi perubahan kandungan kimia air seni sebelum dan sesudah mengonsumsi Rosella. Hasilnya memperlihatkan, mengonsumsi jus Rosella dapat menurunkan kadar keratin, asam urat, sitrat, tartrat, kalsium, sodium dan fosfat.
Di Indonesia sendiri, penelitian tentang khasiat Rosella belum terlalu berkembang. Namun, mengonsumsi teh Rosella kini sudah menjadi tren bagi sebagian kalangan karena terbukti memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita. sehatplus

0 comments:

Post a Comment

 
Cheap Web Hosting | Top Web Hosts | Great HTML Templates from easytemplates.com.