Friday, September 9, 2011

Olahraga Panjangkan Umur...Gemar Tonton Televisi Memperpendeknya

Jika orang mau berolahraga sekalipun cuma sebentar setiap hari, kegiatan itu bisa mendorong usia mereka. Sementara pecandu televisi dapat menyita bertahun-tahun hidup mereka.

Chi-Pang Wen dari National Health Research Institutes di Taiwan dan Jackson Pui Man Wai dari National Taiwan Sport University mengemukakannya. Mereka meneliti lebih dari 400.000 orang yang ikut dalam program penyaringan medis antara 1996 dan 2008.
Perkembangan semua relawan itu kemudian diikuti selama rata-rata delapan tahun, demikian laporan AFP, Selasa (16/8).

Orang yang berada dalam satu kelompok olah raga "bervolume rendah", yang dibandingkan dengan orang yang secara fisik tak aktif, menghadapi resiko 14 persen lebih kecil untuk menghadapi kematian dini akibat semua sebab, dan 10 persen resiko kematian yang lebih rendah akibat kanker.

Kategori "volume rendah" diberlakukan pada orang yang jumlah total olah raga mereka rata-rata 92 menit per pekan, atau sekitar 15 menit per hari. Secara rata-rata, harapan hidup mereka ialah tiga tahun lebih lama dibandingkan dengan timpalan mereka yang tidak aktif.

Secara terpisah, para peneliti di Austrlia mendapati bahwa nonton TV atau video selama rata-rata enam jam per hari dapat memperpendek harapan hidup penonton sampai hampir lima tahun.
Para peneliti itu menggunakan data dari survei lintas-bagian atas 11.000 orang dewasa Australia yang berusia sedikitnya 25 tahun pada saat peralihan milenium.

Data tersebut kemudian dibandingkan dengan jumlah kematian dan penduduk nasional di Australia pada 2008.

Para peneliti itu memperkirakan pada 2008, orang dewasa Australia yang berusia 25 tahun dan lebih tua lagi menghabiskan 9,8 miliar jam di depan layar kecil. Masa tersebut berkaitan dengan 286.000 tahun kehidupan yang berakhir secara pradini. Setiap jam waktu untuk menonton televisi setelah usia 25 tahun memperpendek harapan hidup pemirsa kurang dari 22 menit, demikian penjelasan mengenai angka itu.

Dalam hal penafsiran, satu jam orang berada di depan kotak tersebut rata-rata memiliki dampak yang sama pada harapan hidup dengan menghisap dua batang rokok.

Dalam kasus yang ekstrem, seseorang yang menghabiskan rata-rata waktu enam jam per hari untuk nonton TV diduga akan hidup 4,8 tahun lebih sedikit dibandingkan dengan orang yang tidak nonton TV, demikian perhitungan mereka.

Studi itu, yang dipimpin oleh Lennert Veerman dari School of Population Health di University of Queensland, disiarkan di British Journal of Sports Medicine.

Para peneliti tersebut menuding nonton TV sebagai tindakan yang tidak menguntungkan, bukan karena programnya tapi gara-gara bahaya tidak-aktifnya tubuh yang bersumber dari terlalu lama duduk.

Gaya hidup santai berkaitan dengan penyakit jantung dan pembuluh darah, diabetes, kelebihan berat dan masalah lain kesehatan.

Sumber: republika.co.id

0 comments:

Post a Comment

 
Cheap Web Hosting | Top Web Hosts | Great HTML Templates from easytemplates.com.