Monday, September 12, 2011

Cara Cek Sederhana Kesehatan Anda

Sebelum mengalami sakit, tubuh biasanya menunjukkan tanda-tanda. Tubuh mengalami lesu, menggigil demam, atau tenggorokan gatal ketika mulai menderita batuk, serta tanda-tanda lain yang menunjukkan bahwa tubuh sedang mengalami penyakit.
Jacob Franek, spesialis manajemen stres, yang sering menulis tentang isu-isu kesehatan di AskMen, menunjukkan lima tanda-tanda awal pada seorang pria untuk mengetahui apakah mereka sehat atau tidak.
Warna kuku
Mungkin Anda tidak  pernah berpikir bahwa kuku dapat menentukat kondisi kesehatan kita. Begitulah kenyataannya. Dalam kondisi sehat, kuku berwarna merah muda, kuat, dan lembut. Perubahan mencolok pada kuku bisa bisa menjadi tanda bahwa Anda menderita suatu penyakit. Misalnya, kuku berwana kuning tebal yang tumbuh lamat menunjukkan bahwa Anda menderita penyakit pernapasan seperti bronkitis kronis. Atau jika ada garis melengkung pada permukaan kuku yang biasa disebut garis beau, bisa saja Anda terkena diabetes. Kemudian kuku berbentuk sendok menunjukkan kekurangan zat besi.
Warna urine
Seseorang yang sehat, urin biasanya berwarna kuning pucat. Warna kekuningan urin bisa  bervariasi tergantung jumlah cairan yang dikonsumsi. Ketika mengonsumsi banyak air biasanya urin cenderung berwarna kuning jernih. Tetapi ketika mengalami dehidrasi, warna urin berubah menjadi cokelat gelap seperti teh. Jika ada bau manis, bau aneh, setetes darah, atau perubahan signifikan dalam urin yang tidak ada hubungannya dengan obat-obatan, makanan atau suplemen yang sedang dikonsumsi, sebaiknya segera mengecek urin Anda ke laboratorium.
Volume ejakulasi 2 – 5 ml
Pada usia subur, ejakulasi pria sehat harus sekitar 2 – 5 ml. Jika kurang dari itu, menunjukkan bahwa And aberada dalam kondisi kurang subur. Kondisi ini disebut hypospermia, suatu kondisi yang mempengaruhi kesuburan pria. Selain volume, warna dan konsistensi dari air mani juga menunjukkan kondisi tubuh. Semen pria sehat harus putih atau abu-abu dan lengket. Bila ada darah atau tidak tebal, bisa mengindikasikan masalah kesehatan pada tubuh Anda.
Denyut jantung
Nilai denyut jantung bervariasi sesuai dengan usia seseorang, biasanya berkisar 70 dan 75 bpm. Bagi pria dewasa denyut sebesar 60 – 100 bpm dianggap normal. Nah, jika tingkat denyut jantung di luar ukuran itu berarti Anda memiliki masalah kesehatan yang cukup serius.
Elastisitas kulit
Elastisitas kulit biasanya digunakan untuk menilai tingkat hidrasi tubuh. Kulit yang kusam dan tidak elastis berarti tubuh Anda kekurangan cairan. Cara mudah menguji elastisitas kulit, cubitlah kulit di punggung tangan. Bila kembali ke posisi semula itu menunjukkan kulit Anda sehat.
Bagaimana dengan Anda, sehatkah Anda?

Sumber: intisari

0 comments:

Post a Comment

 
Cheap Web Hosting | Top Web Hosts | Great HTML Templates from easytemplates.com.